Tips Jualan Online di Instagram

Ingin tahu persis bagaimana cara berjualan online di Instagram di tahun 2022? Artikel ini memberi Anda beberapa fakta dasar tentang Instagram dan cara penggunaannya.

Aplikasi Instagram sendiri saat ini tidak dapat diprediksi dan terkadang telah menjauh dari platform sebelumnya seperti Twitter dan Facebook.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh Instagram bagi mereka yang ingin mempresentasikan produk dan layanannya secara online karena jumlah penonton yang banyak.

Kesederhanaan pembuatan akun, kesederhanaan fitur dan fakta bahwa banyak pengguna telah menjadikan Instagram aplikasi yang populer bagi banyak orang, dari penggunaan pribadi hingga bisnis.

Namun kemudahan yang ditawarkan membuat persaingan semakin kompetitif, dan jika Anda tidak menerapkan strategi yang tepat, bisnis Anda akan sangat dirugikan dalam hal kinerja penjualan.

Maka kami mencoba berbagi tips dan trik cara berjualan online di Instagram yang bisa Anda coba terapkan untuk menghadapi persaingan terberat.

7 tips sukses online di instagram

Menyiapkan akun penjualan untuk Instagram

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya adalah membuat akun khusus jual beli Instagram yang disebut dengan Akun Instagram Business.

Tentu saja Anda dapat menggunakan akun Instagram pribadi Anda dengan pengikut, tetapi alangkah baiknya jika Anda dapat menambahkan akun bisnis Anda sendiri untuk dijual di Instagram.

Hal ini karena nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk melacak dan memisahkan dari postingan pribadi Anda, sehingga kinerja bisnis online Anda lebih terukur dan kekurangannya segera teridentifikasi.

Buat akun bisnis di Instagram

Cara membuat akun bisnis untuk Instagram sendiri sangat sederhana, sebagai berikut

  1. Unduh, instal, dan buka aplikasi Instagram
  2. Buat akun menggunakan Facebook
  3. Isi profil bisnis
  4. Buka Pengaturan dan pilih “Beralih ke Akun Bisnis”.
  5. Mulai memposting
BACA JUGA  Permasalahan Keuangan di Segmen UMKM dan Solusinya

Hubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook Anda

Untuk lebih meningkatkan penjualan online Anda di Instagram, Anda perlu membuat halaman Facebook bisnis Anda dan kemudian menautkannya ke akun Instagram Anda.

Pertama Anda perlu membuat halaman Facebook alias Halaman Facebook menggunakan akun Facebook Anda lalu bagaimana menghubungkannya

  1. Masuk ke Facebook dan buka halaman Facebook Anda.
  2. Pilih Persiapan Di bagian atas halaman Anda.
  3. Pilih Instagram.
  4. Untuk menambahkan akun Instagram yang ada ke halaman Anda, lalu pilih masuk.
  5. dimasukkan ke dalam Nama pengguna Dan kata sandi Pilih akun Instagram Anda, lalu masuk.

Anda dapat mengatur setiap posting di Instagram Anda secara otomatis, sehingga Anda dapat dengan mudah menjangkau dua audiens target yang berbeda: pengguna Instagram dan pengguna Facebook.

Untuk memposting ke halaman Facebook Anda secara otomatis, buka menu Pengaturan di Instagram, lalu pilih “Akun Terhubung” dan pilih Facebook dan buka opsi untuk membagikan postingan ke Facebook.

Mengembangkan konsep desain dari postingan Instagram

Langkah selanjutnya tentang cara berjualan online di Instagram adalah mengembangkan konsep desain yang akan menjadi ciri khas Anda.

Mengapa Anda perlu melakukan ini? Hal ini dikarenakan pengguna Instagram dapat dengan mudah meningkatkan postingan Anda karena mereka akan dengan mudah mengenali salah satu dari sekian banyak akun yang mereka ikuti. Pengakuan produk Urusanmu.

Itu juga membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan lebih dapat diandalkan daripada pesaingnya dengan menerapkan konsep desain yang halus dan menarik untuk penjualan online Anda di Instagram.

Cara termudah untuk mendesain postingan Instagram ini adalah dengan menggunakan aplikasi Canva atau sejenisnya yang bisa Anda unduh di PlayStation dan iTunes App Store atau mendesainnya menggunakan komputer atau laptop Anda.

BACA JUGA  Tips Efektif Untuk Memulai Bisnis Online

Merencanakan program posting di Instagram

Cara paling penting untuk berjualan online di Instagram adalah dengan memposting secara rutin karena banyak sekali tag penjualan yang bertebaran di Instagram.

Karena jika Anda tidak rutin memposting di waktu yang tepat, postingan Anda akan mudah terkubur dalam postingan di feed Instagram yang pastinya akan berdampak negatif bagi bisnis Anda.

Jika Anda ingin menjadwalkan posting secara otomatis, gunakan penyedia layanan seperti repositori agar Anda tidak ketinggalan hanya karena posting Anda lebih terencana dan sibuk.

Algoritme Instagram terbaru akan meningkatkan jangkauan Anda untuk pengikut, karena hanya 10% dari pengikut terbaru Anda yang dapat melihat posting Anda.

Jangan hanya memposting postingan dalam bentuk gambar, kamu harus pandai memasangkannya dengan postingan video dan Instagram story sekarang ini semakin banyak, dan ini penting untuk dilakukan.

Optimalkan tagar dan teks postingan

Menggunakan teks serta tagar terkait adalah bagian yang sangat penting dari kehidupan Instagram, dan Anda harus melakukan banyak upaya dan kesalahan untuk menemukan formula yang tepat.

Anda dapat menggunakan tagar ini di mana saja di Instagram di pos, cerita, dan bahkan di bio Instagram Anda.

Tentu saja, jangan memposting tagar apa pun, gunakan maksimal 5-20 tagar per postingan, dan pastikan tagar tersebut relevan dengan bisnis Anda.

Semakin banyak hashtag terkait, semakin besar kemungkinan posting Anda akan dilihat oleh mereka yang belum menjadi pengikut, dan Anda dapat mengikuti hashtag nanti jika Anda tertarik.

Anda juga dapat mengikuti tagar yang terkait dengan bisnis Anda atau tagar khusus yang Anda buat untuk menandai postingan di akun bisnis Anda guna mempermudah proses pemantauan dan pengelolaan kinerja akun bisnis Anda.

BACA JUGA  Wahai Pebisnis Pemula, Tingkatkan Kompetensi Anda

Beriklan di Instagram

Cara lain untuk mempertimbangkan cara menjual Instagram di Instagram yang tepat adalah dengan menginvestasikan modal untuk memasang iklan di halaman Facebook dan Instagram Anda.

Instagram sendiri tampaknya memimpin dalam mengiklankan algoritma 10% untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa.

Untungnya, biaya iklan di Instagram relatif murah dibandingkan dengan media arus utama, tetapi seperti kebanyakan konsep periklanan online, baik itu Google, Facebook, atau Instagram, audiens Anda akan tumbuh secara eksponensial untuk anggaran iklan Anda.

Jadi, Anda harus memasukkan iklan, suka atau tidak suka, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan promosi Anda dan dalam cara kritis untuk menjual online di Instagram.

Ada beberapa jenis iklan yang bisa Anda gunakan di Instagram:

  1. Iklan foto
  2. Cerita Iklan
  3. Iklan Korsel
  4. Iklan koleksi

Masing-masing iklan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing tergantung dari jenis bisnis dan juga jenis iklan yang Anda miliki serta segmen bisnis dan target audiens Anda.

Cara memasang iklan di Instagram

Untuk memulai di Instagram, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil:

  1. Jika Anda tidak berada di https://www.facebook.com/business, buat akun Facebook Business
  2. Pilih menu Business Setting lalu pilih Instagram Accounts,
  3. Hubungkan akun Instagram Anda ke akun bisnis Facebook Anda,
  4. Di akun Instagram Anda, pilih menu “Tetapkan Akun Iklan”.
  5. Anda kemudian dapat mulai memposting segala jenis iklan di Instagram melalui akun bisnis Anda.

Saat menempatkan iklan, perhatikan jenis iklan yang ingin kita jangkau dalam hal jenis kelamin, usia, hobi, dll. dan tentukan jenis iklan mana yang paling cocok untuk mereka.

Ini benar-benar akan menguji seberapa baik Anda menjalankan bisnis yang Anda jalankan, terutama dengan profil lengkap calon pelanggan dan calon pelanggan Anda.

About edcomp

Leave a Reply

Your email address will not be published.