Wahai Pebisnis Pemula, Tingkatkan Kompetensi Anda

Berbisnis itu tidak mudah atau sulit, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Memang diperlukan cara-cara yang efektif untuk meningkatkan kapasitas usaha agar usaha yang sedang berjalan dapat berkembang dan berkelanjutan. Di sisi lain, jika kita tidak memiliki sarana untuk melakukannya, akan sulit bagi kita untuk mempertahankan bisnis kita.  Pandemi Covid-19 telah membuat banyak pekerja kehilangan pekerjaan, jadi salah satu cara untuk bertahan hidup adalah dengan mendirikan bisnis. Karena kami tidak dipecat karena menjalankan bisnis kami sendiri dan kami masih bisa mencari nafkah.

Tingkatkan kemampuanmu menghadapi era VUCA

Bisnis saat ini berada di Era VUCA yang merupakan masa perubahan yang cepat dan tidak dapat diprediksi, misalnya dengan meningkatnya persaingan dan perubahan tren bisnis para pengusaha khususnya pengusaha pemula perlu meningkatkan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dalam dunia bisnis, tidak hanya untuk para start-up, tetapi juga bagi para pengusaha. Lalu, apa saja peluang potensial bagi para wirausahawan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya?
Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai:

1. Keinginan untuk mempelajari hal-hal baru

Salah satu cara terpenting untuk meningkatkan peluang kemandirian Anda adalah dengan mau mempelajari hal-hal baru, karena mempelajari sesuatu yang baru memperluas pikiran kita dan membantu kita memahami banyak hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Hal ini penting bagi pemula karena seringkali ada masalah dalam bisnis yang perlu ditangani dengan cara yang benar. Keluar dari kotak Atau dari sudut pandang yang berbeda agar kita bisa menemukan peluang bisnis dari gap atau celah yang ada. Mempelajari hal-hal baru memberi kita referensi tentang bagaimana menemukan solusi dan peluang yang tepat dalam bisnis. Minat untuk mempelajari hal-hal baru, seperti membaca buku bisnis dan berbicara dengan pemilik bisnis di berbagai bidang.

BACA JUGA  Tips Memulai Bisnis Online yang Menjanjikan

2. Praktekkan ilmu bisnis yang dipelajari

Seorang trader seharusnya tidak hanya belajar tentang bisnis tetapi juga mempraktekkannya. Terkadang kita mengambil banyak ilmu dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan bisnis kita tetapi kita tidak berani menerapkannya. Salah satu cara agar ilmu bisnis yang kita pelajari bisa bermanfaat atau berguna adalah dengan menerapkannya pada bisnis yang kita jalani, sehingga kita tahu ilmu mana yang akan digunakan dalam bisnis kita dan mana yang tidak. Misalnya, tentang waktu Anda belajar Pemasaran digital diimplementasikan menggunakan. media sosial Sebagai alat pemasaran.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri sangat berpengaruh pada kesuksesan. Rasa percaya diri membuat seseorang lebih percaya diri dalam mengambil keputusan. Orang yang tidak aman, di sisi lain, enggan untuk memulai dan menyerah begitu saja. Dalam berbisnis, rasa percaya diri sangatlah penting, karena dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Dengan kepercayaan diri, seseorang lebih berani mengambil risiko. Percaya diri akan menjadi modal pertama untuk menjalankan bisnis, dan akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan banyak peluang bisnis dan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Misalnya, ketika Anda melakukannya Melompat di depan Investor, Kepercayaan diri adalah hal mendasar karena tidak peduli seberapa bagus model bisnis yang Anda promosikan, tampaknya menjadi norma dalam hal keraguan.

4. Penilaian diri

Tidak kalah penting dari yang lain, penilaian diri sangat penting bagi seorang trader. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan kembali kelemahan dan kekuatan Anda. Untuk meningkatkan kekuatan Anda sejauh ini dan untuk memperbaiki apa yang Anda masih kurang. Evaluasi juga diperlukan untuk mengetahui tentang interaksi sosial atau bagaimana kemampuan individu Anda, karena nanti tergantung pada kemampuan Anda untuk memimpin atau dengan kata lain kemampuan Anda Kepemimpinan Anda. Hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mengevaluasi keberhasilan, kegagalan, dan ketakutan Anda saat ini, seperti takut berbicara di depan umum atau takut mengambil keputusan.

BACA JUGA  Tips Efektif Untuk Memulai Bisnis Online

5. Menambah Jaringan Relasi

Seorang pebisnis harus memahami bahwa mereka adalah hal terpenting dalam mengembangkan jaringan atau hubungan, karena mereka berkembang dengan membangun jaringan bisnis yang baik memperkuat bisnis, karena meningkatkan peluang kerjasama. Meregang Jaringan Peluang bisnis juga meningkat, karena terkadang peluang bisnis datang dari mitra bisnis. Membangun Jaringan Meskipun itu adalah merek dagang dari seorang pengusaha sukses. Jaringan Luas. Para pebisnis sering cenderung berkembang Jaringan Karena semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin baik mereka. Tambahkan tautan atau Jaringan Bergabung dengan komunitas bisnis, hobi, dll.

6. Ubah Berpikir

Tentu saja, orang yang memutuskan untuk menjalankan bisnis kemungkinan besar akan mendapat untung. Padahal, dalam praktiknya, bisnis bukan sekadar mencari untung! Karena ada 3 pilar bisnis (Orang, planet, Dan Laba) Penting bagi pengusaha pemula untuk menjaga bisnis mereka tetap bertahan. 3 pilar berwirausaha ini menuntut para pemula untuk mengubah pola pikirnya agar tidak hanya mencari keuntungan semata.Laba) Tapi itu juga bisa memberikan. Harga yang pantas Untuk karyawan, pelanggan dan lingkungan.
Bagaimana mengubah Berpikir Itu bisa dilakukan dalam bisnis tanpa mengutamakan keuntungan. Sebagai contoh, seorang pengusaha yang menjual oleh-oleh mengutamakan kebutuhan pelanggannya mengenai desain kado dan bahan yang digunakan adalah bahan yang ramah lingkungan. Ini adalah salah satu contohnya. Harga yang pantas Disediakan oleh majikan Rakyat Dan PlanetPengusaha lebih cenderung menghasilkan keuntungan besar karena pelanggan bersedia membayar lebih Harga yang pantas Mereka dapat diterima oleh mereka. Jadi berubahlah dari sekarang Berpikir berangkat!

7. Berpikir kritis

Selalu bertanya, “Mengapa?” Mulailah berpikir kritis. Setiap kali Anda melihat suatu peristiwa. Seorang wirausahawan pemula harus mampu berpikir kritis karena berpikir kritis dapat menginspirasi. Berpikir kreatif Untuk menghasilkan inovasi, yang merupakan salah satu elemen penting dari sebuah bisnis untuk berkembang dan berkembang. Selain itu, berpikir kritis membantu wirausahawan baru untuk mengembangkan visi dan mendorong kewirausahaan.
Contoh berpikir kritis dalam bisnis adalah menanyakan setiap peluang, misalnya pemilik kedai kopi: “Mengapa sekarang banyak orang ingin minum kopi?”, “Mengapa pelanggan tidak membeli kopi langsung dari toko?”, “Mengapa? Mengapa orang sekarang memilih minum kopi, memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang diminumnya? ”,“Mengapa orang rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli kopi?” Dan “Mengapa orang memilih untuk membeli kopi yang terjangkau?” Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini untuk usaha bisnis yang dijalankan oleh pemilik kedai kopi.

BACA JUGA  Tips Jualan Online di Instagram

8. Hukum Efisien

Pesatnya pertumbuhan industri teknologi telah menyebabkan perubahan yang signifikan Masyarakat Dan bisnis. Hal ini menuntut kita untuk percaya diri dan responsif sebagai wirausahawan pemula. Efisien) Setiap perubahan di lingkungan kita menentukan langkah konkrit apa yang bisa diambil agar bisa bertahan. Selain kemajuan teknologi, status kesehatan suatu negara juga dapat dipengaruhi oleh perdagangan, misalnya 4. megashifts Perilaku Konsumen (Yuswohady 2020) Akibat wabah Covid-19 di seluruh dunia. Sebagai pengusaha pemula, kita harus bisa bekerja Efisien Dan beradaptasi dengan kebiasaan konsumen baru untuk menjaga bisnis tetap tumbuh dan berkelanjutan.

Contoh bekerja secara efisien bahwa selama wabah Covid-19 di Indonesia, banyak pemilik UMKM mulai berjualan secara online Digital Meski aktivitas sosial sangat terbatas, untuk menjaga pendapatan. Contoh lainnya adalah banyak pengusaha baru dan perusahaan besar yang sudah mulai menjual produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

Dalam membangun sebuah bisnis tentunya selalu ada hambatan, banyak tantangan yang harus dilalui. Seorang wirausahawan yang hebat harus memiliki masa depan yang memotivasi dirinya untuk mengatasi segala rintangan dan mempersiapkan dirinya untuk bertahan dalam kesulitan. Semua tantangan dalam bisnis akan meningkatkan potensi seorang trader. Kemampuan ini mengarah pada kesuksesan.

About edcomp

Leave a Reply

Your email address will not be published.